Wednesday, April 18, 2012

Memilih kartu jaringan

pemilihan kartu jaringan.


Kartu jaringan biasa di sebut dengan NIC (Network Interface Card) yaitukartu yang menjadi penghubung antara komputer ke sebuah jaringan komputer. Beberapa komputer sudah di lengkapi dengan kartu jaringan ini, dan Anda bisa menanyakan ke penjualnya ketika membeli sebuah komputer.


Gambar 1.20 Network Interface Card


Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencari jaringan:


1. Tipe kartu


Ada 2 jenis kartu yang ada di pasaran saat ini, yaitu PCI (Peripheral Component Interconnect) dan ISA (Industry Standard Architecture). Kedua jenis kartu tersebut dapat di masukkan dalam slot ekspansi yang ada di dalam komputer. Ketika Anda membuka casing komputer maka akan terlihat beberapa slot (di sebut dengan slot ekspansi) yang di biarkan kosong, dan memang sengaja di biarkan kosong agar pengguna dapat meningkatkan kemampuan komputernya sendiri, dengan menambahkan beberapa kartu yang di inginkan, misalnya kartu suara, video, jaringan dan sebagainya.


2. Jenis protokol yang di gunakan.


Dari sisi jenis protokol yang banyak digunakan saat ini, adalah Ethernet dan Fast Ethernet. Jika pada Ethernet maka mendukung sampai kecepatan transfer data sampai 10 Mbps sedangkan fast ethernet mendukung kecepatan transfer data sampai 100 Mbps. Jika Anda memilih menggunakan protokol Ethernet


3. Tipe kabel yang di dukung


Kemudian ketika memilih penggunaan kartu jaringan ini, Anda perlu juga menyesuaikan dengan tipe kabel yang telah di pasang. Port atau colokan untuk kabel UTP sering di kenal dengan RJ-45. Jika Anda menggunakan satu tipe kabel saja maka bisa memilih kartu jaringan yang mendukung penggunaan satu tipe kabel saja karena harganya akan lebih murah.

No comments: